Jumat, 29 Maret 2013

Pesanmu gak dibales? Coba cek dulu..




“Dia gak bales sms-ku dim. Udah lah dim, dia jahat”
“Kapan kamu SMS nya?”
“Semalem”
 
Prasangka, atau asumsi yang kita simpulkan sendiri. Sebegitu mengerikannya. Hanya karena permasalahan SMS yang sebenarnya bukan tidak dibales, tapi belum dibales (karena suatu saat siapa tau dibales kan?), seseorang bisa nge-judge orang lain.. jahat. Oh, mengerikan sekali. Tapi bukan, saya bukan lagi mau bahas masalah prasangka. Saya akan coba memberikan pandangan (bukan lirikan) kepada kalian tentang seluk beluk bales SMS, BBM, WhatsApp, Line, atau beberapa media komunikasi berbentuk teks yang lain. Kalo bales Budi saya gak bahas. Biar Badu yang bahas. 

“Kenapa sih orang nggak bales SMS?”
Oh, salah, kita ganti aja. Kata “nggak” kayaknya kurang pas.
“Kenapa sih orang belom bales SMS?”

Satu hal yang perlu diinget, semua yang terjadi itu pasti ada alasanya. Nah, lantas (asik), jangan dulu kau beranggapan bahwa alasan dia tidak membalas SMS mu karena.. memang dia tidak mau bales. Oh dear, what’s wrong with you? Itu alasan yang paling ujung, paling bawah, paling terakhir! Karna sebenernya ada beberapa alasan lain yang seharusnya kamu periksa dulu, kamu cari tahu dulu. Jadi, jangan dahulukan alasan yang itu. Itu alasan yang paling terakhir kalo emang beberapa alasan di atasnya semuanya salah. Paling terakhir? Di atasnya? Apa sih?

Nah, di sini saya mau coba ngasih pandangan, beberapa alasan yang ngebuat orang lain yang kita SMS, belom bales SMS dari kita. Ohya, ini urutan ya, jadi kalo nanti mau nge-check, harus urut. Kalo emang alasanya salah, baru deh turun ke alasan yang selanjutnya, sip? Here they are..

Beberapa alasan mengapa seseorang belum membalas pesan kita

1.       Pesan mu udah kekirim belom?
(Cek dulu, siapa tau di tempatmu masih gak ada sinyal, jadi belom kekirim deh. Atau belom kepencet “kirim” jadi malah masuk ke draft)
2.       Pesanmu udah sampe belom?
(Nah, coba cek dulu, pesan yg kamu kirim udah dia terima belom? Pending gak? Udah centang 2 belom? Nomornya bener gak? Siapa tau salah kirim. Biasanya karna belom dapet sinyal, jadi belom nyampe, makanya dia belom bisa bales)

(Pesan udah sampe di nomornya)

3.       HP nya hidup nggak?
(Cek lagi, HP nya mati gak? Siapa tau abis batre. Atau, setelah dia nerima pesanmu, trus udah keliatan tanda kekirim di hapemu, eh belom sempet dibales hapenya udah keburu mati)
4.       Paket internet, paket BB, aktif gak?
(Siapa tau internet atau BB lagi gak aktif)

(Pesan udah sampe di hapenya)

5.       HP nya ada nggak?
(Dia lagi bawa hape gak? Siapa tau hape nya ketinggalan. Pastiin posisi hape lagi sama dia)
6.       Emang dia udah baca?
(Coba, dia udah baca belom? Siapa tau dia belom sempet baca. Siapa tau dia lagi nemuin dosen, masak iya sambil megang hape kan?)

(Pesan udah dia baca)

7.       Dia lagi sibuk gak?
(Coba kira-kira dia lagi ngapain? Siapa tau dia masih belom sempet bales karna lagi sibuk. Siapa tau dia bacanya sebelom dia mau solat. Kan gak mungkin solat sambil bales pesanmu, jadi dia tunda deh buat bales pesanmu. Ohya sibuk itu banyak lho, dan standard sibuk orang beda-beda, jadi cari tahu ya)
8.       Punya pulsa gak?
(Nah, ini, udah pesan masuk, lagi gak begitu sibuk, eh pulsanya abis. Eh, pulsa internet juga abis. Yaudah deh nanti balesnya, nunggu ngisi pulsa dulu. Nunggu ada uang buat beli pulsa dulu)
9.       Bahasamu jelas gak?
(Ntar udah dibaca, kok bahasamu gak jelas, jadi gak ngerti deh mau bales apa)
10.   Nomormu udah ada di hapenya belom?
(Kalo misal udah ada ya gak masalah. Tapi kalo misal belom, dan pesanmu gak nyantumin nama, lha dia bingung dong itu siapa. Dan ujung2 nya jadi nunda buat bales)
11.   Dia bingung kali..
(Iya, dia bingung mau bales apa. Dia bingung bisa dateng apa enggak. Dia belom tau harus ngomong apa. Jadinya dia nunda buat bales, mau mikir dulu)
12.   Pesanmu itu maksutnya gimana?
(Pesanmu itu maksutnya apa, minta konfirmasi apa enggak? Perlu dibales apa enggak kira-kira? Mosok iya kamu bilang “okee” trus kamu marah karena gak dibales?)

(Pesan udah ditunda beberapa lama, masih belum dibales)

13.   Dia lupa bales!
(Nah, biasanya kalo udah nunda gitu, dia suka lupa bales. Mungkin karena sibuknya tadi, atau karna banyak pesan yg masuk jadi ketimbun di bawah, atau emang dasarnya dia lupaan. Coba ingetin lagi)
14.   Masih kali ! 
      (Coba pastiin, siapa tau masih gak punya pulsa, masih bingung, masih gak punya charger, masih belom pas aja waktunya, masih..)
(lebih dari 1 x 24 jam)
15.   Dia takut mau ngebales
(Takut ngecewain, takut dikira ini, takut dikira itu.. coba cari tau)
16.   Dia emang gak ngerasa perlu buat bales pesanmu
(Ya, emang karna menurut dia itu gak perlu dibales kali, atau dia pikir kayaknya gapapa kalo gak dibales)
17.   Yaa, dia emang gak mau bales pesan dari kamu. Mungkin karena dia jahat. Bisa jadi.
(Ya, orang yang tanpa alasan yg jelas gak bales pesan yg masuk ke hapenya itu menurut saya juga orang yang jahat)

Nah, udah tau kan? Alasan yang kamu bilang tadi itu, ternyata ada di urutan yang ke-17! Jadi.. semisal nanti ada pesanmu yang belum dibales, coba cari tahu dulu. Urutin dari alasan nomor satu, pastiin kalo alasan-alasan itu bener gak? Kalo emang bener, ya di lanjut ke alasan berikut di bawahnya. Jangan langsung berprasangka, Oke oke? Selamat berpesan pora ! *halah

 



 ~ Kalo saya sih, umm, biasanya kena di alasan 13. Hahaha #yasori






6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Artikelnya keren bang, aduuuh nomer 13 itu nyesek banget. Itu alasan yang paling saya takutkan tapi sering saya lakukan hehehe berasa jahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alesan 13 itu biasanya karna ada alasan di nomor sebelomnya jugaa. Alasan yg ditakutkan? kenapa?

      Hapus

 
Design by Muhammad Dimas Rahman Affandi | Bloggerized by campredodellaconcetta - samid namhar - @midsamid | Lampung-Jogjakarta-Indonesia