Senin, 13 Juni 2011

menjilat iler sendiri

“bukanya apa ya, tapi apa asiknya sih nonton robot? emang kita bisa teriak2 gitu? nyemangatin robot yg lagi maen padahal sekenceng teriakan kita mana pernah robot itu jadi semangat soalnya emang udah programnya gitu, trus mau nyemangatin siapa? orangnya? orangnya aja cuman duduk di pinggir ngeliatin robotnya sendiri. kalo nonton putsal ato basket jelass, kita tereak2 juga masih bakalan ngaruh sama semangat orang yang maen, nah kalo robot??”
hahaha yo’ii,  itu dia yang ada dipikiran gua pas babak penyisihan lomba robot tingkat regional. dan karena paradigma gua itu, gua jadi gak berangkat nonton. padahal saking banyaknya suporter pas ngumpul itu buat kptu jadi penuh warna merah. gua bodo amat.
eh ternyata robot ugm semuanya lolos regional. wusss mangstab. dan berhak ngewakilin ugm di tingkat nasional yang bakal diselenggarain di UGM !!! wuuuw tuan rumah boo!! dan robotnya si nilam yang setiap kali gua di kaem pesti tuh robot lagi di utak atik, juga lolos. robot yang udah buat sampe anak cewe nginep di kampus sampe beberapa hari, gak mandi waktu ngampus dan TA waktu dosenya gak penting haha. gua yakin deh nih robot bakal juara, bakal sebanding ama apa yang udah dilakuin. dan karena beberapa alesan itu, gua mutusin buat “nyoba” nonton, mumpung tuan rumah.
pake baju warna merah sesuai kostum anak robot ugm, gua dateng agak telat. lomba yang KRI udah lewat dan UGM lolos. oke gapapah. gak lupa bawa kamera, gua cari posisi pas, gua nonton.
dan yakkk, ternyata saya salah besar. gua ikut tereak tereak, jadi yang paling keras malah. gua jilatin iler iler yang udah gua buang sendiri. dengan lagu yel yang udah dibuat sama GAMAMANIA, gua ikut nyanyi sama ratusan GAMAMANIA laenya. yeaahhhhhh seru sekali waktu itu, sumpah.
“ uwes suweee aku ngenteni koeee...., adoh adoooh aku tekan keneee..., ayo ayo mbok dimenangke... (lupa terusanya..)”
“ayoo lah ayooo ayo uge emmm, iniii lah saat jadi juaraa..., juara robot indonesiaa..., bersama gamamania....” (nada dufan)
“syalalalala wo oo ooo oooo, woo o oooo” (nada dangdutan, lupa awalnya)
“robot ugm main lagiiii, robot ugm main lagii...”
“bismillaaaaaaaaaaaaah hirrohmaaaaaaaaaaa nirrohiiiiiiim” (sebelom maen)
dan masih banyak yang seru lainya... hahahahaha
dan suasana pun berbeda pas lomba KRI. tim UGM ketemu sama tim PENS ITS yang udah 13 kali berturut turut ngejuarain cabang ini. set dah. kalo KRI sekarang itu sistemnya gak cuman otomatis robot doang, tapi ada juga robot yang pengendalinya manusia, dan disitu letak serunya. jadi lombanya itu banyak banyakan poinya yang ujung-ujungnya musti cepet-cepetan karena dibatesin waktu. sengit bung. awal awal ugm kalah cepet, tapi abis itu PENS ngelakuin kesalahan yang ngebuat jadi lebih lama. sumpah deg degan ngeliatnya. dan sampe detik terakhir ngeliat jumlah poinya, tim PENS berhasil unggul. upsss nanti dulu, tiba tiba aja poin PENS ngurang jadi selisih poin dengan UGM 20 poin unggul UGM. dan hell yeahhhh ternyata si PENS kata jurinya berbuat curang, jadi musti dikurangin poin. curangnya garagara robot otomatis “terlihat” dikasih isyarat sama robot manual supaya dia (robot otomatis) jalan dan mengambil barang. dan PENS pun gak terima, mereka maju ke meja juri. akhirnya, juri mutusin buat ngeliat video siaran ulangnya supaya jelas. oke kami tunggu.
ahh ternyata juri gak dapet buktinya di video. tapi juri lapangan ngeliatnya. ohh syittttt semua orang diem waktu itu. hening, bener bener hening GSP waktu itu, sehening hatiku (eh sebening maksutnya). semuaaaaaaa deg degan. semuaaaaaa mata tertuju pada dewan juri yang keliatan lagi berunding. lama. lama banget juri berunding. tapi kerenya semua supporter masih diam membisu. oh, si juri udah mulai megang mik dan berkata (pada intinya),
"hal tsb(kecurangan) memang tidak diperbolehkan, tapi tidak ada peraturan yg mengatakan, sehingga pertandingan kami ulang"
kecewa sekali dengan keputusan dewan juri. sangat kecewa.

damn!!!!!!!!! apa apan nih masa’ diulang?? mustinya fair dongggg, ah yaudalah gamamania menerimanya dengan lapangan sepak bola. abis beberapa universitas lain tanding, UGM dan PENS tanding lagi. (dan gak usah diceritain) tim UGM kalahhh poin. tapi juri masih belom ngomong. berharap siapa tau ada lagi pengurangan poin. semua diam, baik GAMAMANIA maupun supporter PENS ITS. dan akhirnya juri pun mengumumkan tidak ada lagi penalti. belom selesai juri ngomong, ada anak mesin UGM nyamber, nyolot, penuh amarah, penuh rasa UGEEMISIME yang tinggi, dengan nilai oktaf yang hampir nyaingin candil
“KENAPA MUSTI DIULAAAAAAAAAANG ??!!!!!!! DEWAN JURI JAN*UKKK !! KRI EMANG CUMAN BUAT PENS !!!!! ELO SEMUA TAKUTTTT !!!!” sambil mukul kipas angin besar yang kebetulan disebelahnya. dan dia pun akhirnya kami “amankan”.
gua yang cuman beda 1 orang disebelah orang itu jadi merinding. sumpahhhh pengennnnnn juga gua teriak waktu itu. ngelanjutin apa yang dia omongin. tapi gua takut, takut UGM yang bakal jadi korban malahan. gua urungkan niat gua, dan cuman bisa tereak dalem hati (alesan).
semua masih diam. untuk beberapa saat yang lumayan lama. dan kami pun menunjukkan bahwa kami tetap GAMAMANIA dengan bersama-sama  menyanyikan ...
“trimakasih trimakasiiiiiiiiiiiiiiiiih PENS ITS. trimakasih trimakasiiiiiiiiiiiiiiiiih PENS ITS. dari kamiiiiiiii, GAMAMANIAA....” hingga 5 kali. dan mereka (supporter pens its) pun menyambutnya dengan riuh tepuk tangan sambil menyanyikan lagu pula, tapi saya lupa lagunya apa. intinya pun juga menghormati supporter UGM. yakkkk itu dia saat saat paling merinding buat gua. gua sadar kalo beginilah sebenarnya mahasiswa, tetap menjunjung sportivitas gak kayak pendukung calon bupati yang ngamuk ngamuk ke kantor KPU buat ngadain pilkada ulang kalo kalah. keren. Indonesia punya masa depan cerah kalo kayak gini semua nih orangnya (wussssss)
gak cuman itu, gaya nyeleneh pu tetap dijunjung GAMAMANIA dengan nyanyiin lagu...
“di siniiii sarkem. di sanaaa dolly, dimana mana kita sodaraaaaaaa...  di siniiii sarkem. di sanaaa dolly, dimana mana kita sodara, lalalala lalalala lalalalala lalalalalal lalala!” hahaha
dan mereka pun memeberikan jari jempol mereka hahahaha.
tapi sayang setelah insiden itu, semua robot UGM kalah semua, seakan mendengar robot temannya “dicurangin” jadinya lesu. sebuah turning poin. sayang sekali. huhuhu
dan sepertinya paradigm saya salah besar.
kami mendukung UGM bukan hanya karna ia menang ataupun kalah, tapi memang karna ia universitas gadjah mada !! #salamgamamania
 
 
 

Tidak ada komentar:

 
Design by Muhammad Dimas Rahman Affandi | Bloggerized by campredodellaconcetta - samid namhar - @midsamid | Lampung-Jogjakarta-Indonesia