Minggu, 28 November 2010

tips menjadi maba indah bola pingpong

aaaaaaaa gak kerasa ya tau tau udah desemberrrr aja. perasaan kemaren baruu aja  masuk kuliah jadi mahasiswa baru 2009. Masih lugu lugu lucu lucu unyu unyu bau bau (emang sekarang ??).  eh tau tau udah semester tiga aja yang berarti udah punya adek angkatan (uhuk). <--- kenapa pake batuk must ? egak kok emang lagi batuk beneran nih, ini aja sekarang nulis ini lagi batuk, doakan cepet sembuh yaa haha apalah. Dan gua ngerasa, selama gua jadi maba sampe sekarang, banyak banget hal-hal yang mustinya gak gua lakuin dan mustinya gua lakuin, dan mustinya gua ilangin. yaaah tapi semua udah lewat, gua cuman bisa ngejalanin yang udah sambil yaa coba memperbaiki yang bisa diperbaiki en ngejadiin nasi yang udah jadi bubur itu, jadi bubur spesial yang gak akan pernah orang lupain rasanya. yeah. hahaha kok ngotak gini ya kata-kata gua, yaudalah.
sbenernya gara-gara kemaren KMTE, yaah semacem organisasi dari jurusan gitu laah, baru aja ngadain oprek, jadi kepikiran deh hehe. ohya, sekedar info, infokom kemaren berhasil record-breaking-fashion (uopooo kae) pendaftar dari taun yang sblom2nya loooh, yakni jejejenjeeeng.... yak 12 oraaang yeahuuuu. hahaha. seneng banget dapet segitu aja, ya gimana egak, pas taun gua aja cuman 5 orang, taun sebelomnya cuman 4 orang. yaah pokoknya, departemen ini emang dari dulu punya sejarah buruk lah kalo soal masalah perekrutan, dikit banget yang minat. cuman orangorang terpilih ajaa.. hahahahuek. saingan terus tuh sama akademis, dikit-dikitan haha. yaaah, dari sono gua cuman pengewn share aja sama mabamaba imyut imyut yang cemas cemas ngadepin masa barunya di dunia perkuliahan dengan ngasih tips tips yang berasal dari pengalaman gua sendiri.. hehe. ohya, ini bukan maba UGM aja lhoo, bisa buat labalaba, eh mabamaba, diluaran sana jugaaaa, contohnya maba hati, maba kaki, maba indah bola pingpong en banyak maba maba yang laen. oh mohon maaf itu mata, norak.

tips jadi maba indah bola pingpong
tips jadi mahasiswa baru..



1.  kalo kamu kuliahnya jauh dari rumah, kalo bisa jangan cari kontrakan, tapi mending cari koskosan aja. kususnya koskosan yang ada ibu/bapak kos yang selalu stay disono buat ngontrol elu pade. trus juga koskosan yang yaaah lumayan banyak lah kamarnya. soalnya, dari koskosan itu elo bisa dapet banyak temen yang yakinlah bakal berguna nantinya buat elo. apalagi kalo ada yang satu jurusan dan yang laen macem-macem jurusanya. uhh gak rugi deh. yaah soalnya mereka itulah pengganti keluarga elo dirumah. tidur kamarnya sampingan, depanan. bangun juga samaan, makan malem (mungkin) samaan. yaah pokoknya bisa jadi temen deket elo laah. naah kenapa jangan kontrakan ?? emang iya enak kalo ngontrak pesti udah sama temen sendiri yang kita udah klop banget sama doi, tapi yakinlah elo bakal rugi gak dapet temen baru. trus juga gak ada yang ngawas, trus repot juga kan ngeberesin ‘rumah’ sendiri, bayar listrik sendiri ?? hehee. hidup anak kos !

2. pasang muka open kalo ketemu sama orang baruu, baek yang dikos maupun dikampus, ato ditempat manapun yang lagi deketan ato tatap pandang sama elo. muka open disini bukan mulut, idung, mata elo elo buka lebar-lebar gituu, tapi yaah kayak muka ceriaceria pake senyum dikit gituu. yaah ngerti laaah. ( uoh yang ini jogja banget niiiiih ) trus lanjut ke no3. eh tambahan dikit, misal lagi masa ospek gitu, jangan cuman kayak diatas, tapi ditambahin agak aktif dikiit. jangaaan ! jangan overaktip ! yaa sekali dua kali elo ngeksis dikit laah, dengan cara elo pastinyaa hehe. biar muka elo agak dikenal laah hehe.

3.  jangan maluu buat kenalaaan. cari temaaaan. yaa gak dikos gak dikampus, asal jangan ditengahtengah jalan, ajak kenalan yang kebetulan posisinya lagi deket dengan elo. gak masalah entar elo lupa namanya atau egak, yang poenting kenalan dulu. yaa, caranya jangan langsung kenalan gituu, tapi pake basa basi basu baso, mang !  baso mang !. yaaah kayak ngajak ngompol dulu, atau komen komen gak jelas tentang apaaalah di sekitaran situ. siapa tau kan entar ketemu lagi, jadi enak atau malah entar jadi temen deket elo, ato bahkan elo pacarin kan hahaha yang ini jangan dijadiin motivasinya deh hehe.

4. kejer ipe bagus di semester pertamaaaaa! yakinlah, disemua jurusan, disemua universitas diseluruh dunia,  mesti semester pertama itu masih belum terlalu sibuk dan susah pelajaranyaa (dibanding semester berikutnya). naaah mumpung belom terlalu sulit itu, mangkanyaa kejeeer. yakin deh strat yang bagus bisa buat elo nambah semangat kedepanyaaa.

5. deketin ato minimal kenal agak deket deh sama anak pinter dikelas elo. ikut, ato elo yang bikin ngerjain tugas bareng, belajar bareng, belajar uts uas bareng. yakin deh, ini sangat ngebantu elo nyelesein masalah akademis di perkuliahan. yaa minimal, elo seriusin belajar pas uts uas deh. istilahnya, apa susahnya sih nyisishin 3minggu dari 24 minggu elo buat belajar UTS sama UAS ?? belajar bareng, cari soal yang dulu, kerjain sendiri, kalo gak bisa kerjain bareng ato tanya temen. sip sip sip ??

6. cari motivasiiii ! buat apa apa aja keinginan elo, cita cita elo, apa aja yang penegn banget elo wujutin, punyain, trus tulis di kertas, buat ditempel dikamar atau di binder eloo. buat gede gedeeee! buat apa ?? buat nambah semangat eloo kalo lagi kesulitan ngerjain tugas, lagi belajar buat uas, ato malah lagi males malesan dikamar. inget coy, ada orang yang nunggu tuh dirumaaah (temeen ngajak maeeen hahaha). yaaah pokonya dengan cara elo lah gimana buat nambah motipasi eloo. hanya elo yang tahu itu semuaa!

7. cari organisasiiii ! gabuuung dari awal. mulai dari semester pertama tuuuh, gabung organisasiii ooy. soalnya enak kan kalo masih sama sama baru. gabung organisasi yang bisa bisa bikin elo level-up. baik itu, temen, softskill, skill hobby, ilmu, ataupun iman elo. kalo menurut gua, 
ini pilihanya :

- pertamaa ikut organisasi di jurusan eloo. buat apa ? buat nambahin kenalan elo sama kakak angkatan yang pastinja berguna buat akademis elo. apa itu praktikum, buku pegangan, soal uts uas, maupun dosen dosen yang harus elo piliih. hehe itusih tujuan utamanya, tapi ya bisa kembangin sendiri kalo mau level-up yang laenya. yang jelas ikut departemen yang elo seneng ngejalaninya, bukan malah jadi beban.
-- ikut laah ngumpul kalo ada kumpulan daerah di unipersitas elo. biar elo tauu, siapa aja sih temen satu daerah yang ada di unipersitas elo. yaa gimana gimana kita kan satu daerah, jadi musti kompak. apalagi satu SMA. hehe. yaaah initinya nambah nambahin link elo laah..
--- gabung UKM yang jadi hobi eloo. naah ini menurut gua penting nih. hobi jadi berperan banyak buat perkuliahan elo. karna, kemana lagi kita lari kalo lagi bosen, jenuh sama kegiatan yang ada ? yah hobilah jawabanya (azeee). bisa olah raga, bisa musik, bisa film, bisa naek gunung, bisa robot, bisa self-defence,  bisa debat diskusi, bisa siaran, bisa dakwah, bisa juga potograpi. elo deeh yang tauu..
---- naaah kalo elo yang suka berorganisasi, gak ada salahnya ikutan BEM. bem unipertisas apa pakultas terserah deh, yang penting BEM bukan BREM, soalnya itu makanan. haha. elo juga bisa dapet banyak temen disana, trus juga bisa buat level-up eloo.
----- nah karena dunia kuliah itu keras, sekeras batu kali,  kalo menurut elo, elo takut kalo entar bisa nganar (udah lama gak denger nih kata), elo bisa ikut kumpulan kerohanian. bisa jurusan, pakultas apa unipersitas sekalipun. yang penting bisa ngejaga elo laah, biar inget sama Sang Pencipta kita.

naaah awaaas jangan elo ikutin semua tuuuh. jangan juga egak semua. yakin deh jangan. soalnya entar bakalan kuliah elo yang mabur gak karuan, atogak jadi basi dikamar kos. minimal 2 maksimal 3 deh. yang penting ada satu yang paling elo seriusin. bisa di hobiya elo seriusin, bisa di organisasianya, ato kedaerahanya terserah elo. seriusin disini bukan berarti yang laen elo ogahogahan. yaa elo ngerti laah, jadi prioritas gitu maksutnya. jadi diurutin gitu deh maksut gua berdasarkan prioritas elo.

8. naah mumpung semester awal tuh, yang pesti sks baru 18-21 sks, elo sempetin laaah jalan-jalan keliling kota elo. eksplor booooy. eksplor tempat tempat, makanan makanan, yang katanya asik di kota eloo. ajak temen yang satu daerah ato saru SMA ato satu kos, pokoknya yang udah deket dari awal deh sama eloo. soalnya, cuman di semester awal elo bisa kayak gitu, yakin deh. ayo ke jogjaaa ! hehehe

9. usahain hindarin maen game deh, beneran lah. maen game gak bikin kamu level up di dunia nyata, gak guna !!! sumpe dah. mendingan kalo elo lagi bosen, elo ngacir ke hobi elo tadi di UKM. atogak yang paling gampang, elo pergi ke toko kaset, minjem pilem dehhhh. hehe. selaen bisa nambahnambah ceritacerita hidup, bosen ilang, elo juga bisa belajar bahasa inggris trus bisa juga dapet motivasi dari aktor apa aktris kesukaan elooooo hahaha zooey ! smooch.

10. jangan lupain tuh orang rumah. ato kalo elo lagi kangen sama pemili elo bisa telpon, ato sms ato ceting ato wepkeman yaa jaman udah canggih deh.

nuaaah, yaaah cuman itu dih tips tips dari ane gan. semoga bermanpaat buat elo semua yang ngerasa MABA atopun calon MABA tapi kalo buat elo mantan MABA juga masih bermanpat gakpapah deh. yaah itulah sedikit pengalaman yang bisa gua kasih, entar kalo ada tambahan gua update deh. SEMANGKA !!

ini sih pas ospek 2010 kemaren...


~gillaa gua nulis panjang banget yak, sejam lebih. hahaa tugas instalasi lupain aja muuust...

Tidak ada komentar:

 
Design by Muhammad Dimas Rahman Affandi | Bloggerized by campredodellaconcetta - samid namhar - @midsamid | Lampung-Jogjakarta-Indonesia